Optimalisasi Database

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sebelum membahas masalah Optimalisasi Database,kita haruslah mengetahui dulu apakah arti dari database itu sendiri.Database adalah sekumpulan data yang sudah disusun sedemikan rupa dengan ketentuan atau aturan tertentu yang saling berelasi sehingga memudahkan pengguna dalam mengelolanya juga memudahkan memperoleh informasi.Setelah mengetahui apa database itu,barulah dibahas apakah itu optimalisasi database.Optimasi database atau mengoptimalkan kinerja database terkait dengan Storage efficiency and speed of access (Efisiensi penyimpanan dan kecepatan akses), Database performance (Kinerja database), dan Query performance (Kinerja query).Nah,untuk melakukan optimalisasi database bisa dilakukan dengan cara-cara sebagai berikut:


1. Untuk join tabel sebaiknya gunakan inner join daripada left join atau right join.

2. Cek indek-indek di tabel anda terutama untuk field-field yang sering di join. Secara default hal ini sudah dilakukan saat anda membuat primary key dan foreign key. Jadi anda jangan lupa untuk memasang primary dan foreign key di tabel anda

3. Untuk nilai-nilai unik gunakan AutoIncrement.

4. Gunakan persistent connection(koneksi yang terus menerus). Dalam artian anda dilarang untuk membuka tutup koneksi. Di help Mysql dijelaskan bahwa kalau anda membuka tutup koneksi maka bisa menyebabkan connection overhead.

5.     Hindari SELECT *

SELECT * digunakan untuk menampilkan semua field yang terdapat pada sebuah tabel, tetapi jika ingin memproses field tertentu, sebaiknya dituliskan field yang ingin diakses saja, Contoh, SELECT job, employee_id.

6.       Membatasi Jumlah Record

Batasi jumlah record yang berpotensi mengembalikan record dalam jumlah besar (kecuali memang benar-benar dibutuhkan), pada SQL Server, Anda dapat menggunakan operator TOP di dalam perintah SELECT

7.  Effisiensi penyimpanan (space/storage efficiency)
Organisasi basis data dibuat sedemikian rupa sehingga dapat menghindari duplikasi data (redundancy), karena duplikasi data memperbesar ruang penyimpanan.

http://www.stikom.edu 
http://blog.stikom.edu/lusiani

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Resume MSDM (P3) Pert 4